Cara Membuat Blog Menggunakan WordPress dengan Offline

Blog merupakan hal cukup populer saat ini. Secara resmi, Blog sering
disebut juga sebagai jurnal online. Namun saat ini, Blog memiliki
peran yang lebih dari sekedar sebuah jurnal. Dengan Blog, orang mulai
menuliskan apa aja tentang kehidupan pribadinya (Diary) maupun mengangkat tema khusus tentang masalah politik, atau hobi. Saking banyaknya orang yang ngeBlog, sekarang sudah terbentuk suatu komunitas baru didunia maya yang saling berkomunikasi melalui Blognya masing-masing. Komunitas tersebut antara
lain Bloggerian, BLogBugs, Bandung Blog Village (BBV).

Biasanya Blog itu ditulis secara berkala tergantung dari penulisnya. Tak jarang dalam perjalannya, BLog banyak ditinggalkan oleh pembuatnya, penulis pun pernah mengalaminya. Hal ini terjadi karena beberapa hal.
penyebab utama adalah karena males untuk memposting. Selain itu, untuk memposting yang biasanya harus online. Bagi orang yang belum dapat melakukan akses internet secara bebas.

Salah satu alternatifnya adalah membuat Blog Offline. Sebelum mem-publish
Blog secara online, Penulis sempat membuat Blog secara offline. Hal ini terbukti bisa ngirit uang. Sederhananya gini. Kita punya dua Blog, yang online dan yang offline.  Jadi sebelum memposting secara online, diposting dulu secara offline di komputer masing-masing. Baru setelah siap untuk online, tinggal copy ke flashdisk dan paste ke Blog online. Di warnet jadi ga perlu lama-lama mikirin kata-kata untuk posting. Dan juga bisa lebih hemat.

Yang Dibutuhin :
1. Webserver, bisa pake PHPTRIAD atau PhpDev
2. Software Blogger, dalam tutorial ini penulis menggunakan WordPress

Langkah-langkahnya:
1. Install Webserver (Phptriad atau phpdev)
2. Copy folder wordpress ke folder c:\apache\htdocs (PHPTriad) atau c:\phpdev\www
(phpdev)
3. Sebelumnya, siapkan databasenya dulu, pada ie ketik : “localhost/phpmyadmin”
4. Trus buat 1 database pada colom create data base dengan nama wordpress
5. Klo udah, buka ie lagi, trus ketik : “localhost/wordpress”
6. Nah, keliatan ga? Klo keliatan ikutin aja intruksinya disitu…
7. Finish

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: